KUNJUNGAN KE GUDANG BULOG DALAM RANGKA PERSIAPAN PENGIRIMAN RASKIN APBD TAHAB I (ALOKASI BULAN MARET

Dalam rangka menunjang Visi dan Misi Walikota Mojokerto menuju Service City, Dinas Sosial Kota Mojokerto dalam Kegiatan Peningkatan Kemampuan (Capacity Building) petugas dan Pendamping Sosial Pemberdayaan fakir miskin, KAT, dan PMKS lainnya atau yang lebih dikenal masyarakat dalam Kegiatan Penyediaan RASKIN dengan dana alokasi APBD Kota Mojokerto, Dinas Sosial bekerjasama dengan Perum BULOG Sub Devisi Regional Surabaya Selatan untuk menyediakan Beras untuk Rumah Tangga Miskin (RASKIN) dengan jumlah alokasi 1.500 RTSM. Jumlah tersebut untuk mengcover penduduk miskin yang belum tercover dalam raskin APBN, yang jumlahnya mencapai 5.205 RTSM.

Berkaitan dengan menjaga mutu dan kualitas Raskin ini telah diantisipasi oleh Dinas Sosial Kota Mojokerto dengan melakukan kunjungan lapangan ke Gudang BULOG yang berada di Kelurahan Gunung Gedangan. Contoh beras yang diperoleh oleh Panitia Penerima Hasil (PPHP) Raskin Tahun Anggran 2015, akan diedarkan ke kelurahan –kelurahan sebagai instrumen quality control (standart minimum Raskin) yang akan diterimakan kepada RTSM (Rumah Tangga Sangat Miskin). Apabila dalam pengiriman ditemukan kualitas Raskin yang buruk atau dibawah standart, maka dapat dilakukan penukaran barang.

Dalam Pengiriman Raskin APBD Tahab Pertama (I), Raskin yang dikirimkan adalah untuk Alokasi Bulan Maret – April 2015. Berikut foto saat melakukan kunjungan Lapangan ke Gudang BULOG di Kelurahan Gunung Gedangan.

Diharapkan pula untuk menunjang suksesnya program ini, diharapkan masyarakat juga ikut aktif adalam mengawal kegiatan ini, mengingat seperti yang telah disampaikan Bapak Walikota Mojokerto, Drs. MAS’UD YUNUS ,bahwa penerima raskin APBD ini daharapkan tepat sasaran, tidak lagi ada pembagian atau pemerataan RASKIN APBD kepada masyarakat yang bukan kriteria penerima RASKIN. Selain itu diharapkan pula penerima RASKIN telah mererapkan pola hidup sehat, minimal dengan tidak merokok. ”Sanksi yang tegas kepada pelanggar peraturan ini akan diberlakukan dengan mencoret/ menghilangkan data penerima RASKIN tahun ini untuk tidak masuk daftar penerima RASKIN ditahun berikutnya” tandas drg. SRI MUDJIWATI M.Mkes selaku Kepala Dinas Sosial Kota Mojokerto dalam rangka menindaklanjuti/ mengaplikasikan kebijakan dari Walikota Mojokerto. Melalui program ini diharapkan kebutuhan pokok masyarakat miskin akan pangan (beras) dapat dibantu oleh Pemerintah Kota Mojokerto, untuk mendorong ekonomi dan produktivitas sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup warga miskin .

Kembali